Masalah Desain, Konflik Apple vs Xiomi Memanas

Masalah Desain, Konflik Apple vs Xiomi Memanas

Advertisements

Masalah Desain, Konflik Apple vs Xiomi Memanas - Semenjak ditinggal oleh mendiang Steve Jobs, Apple memang tidak berhenti melahirkan inovasi gadget mereka. Salah satunya adalah iPhone 6 yang cukup sukses dan dikenal sebagai salah satu produk Apple paling indah. Akan tetapi, Apple juga semakin banyak terlibat konflik dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Setelah berseteru dengan Eriksson mengenai penggunaan teknologi pada prosesor mereka, yang terbaru, Apple terlibat konflik dengan Xiaomi.

Xiaomi yang merupakan produsen ponsel pintar asal Tiongkok sukses mencuri perhatian publik dunia dengan desain produk mereka yang cukup indah dan unik. Selain itu, sosok Hugo Barra, mantan pengembang Android di Google juga membuat perusahaan ini semakin diperhitungkan. Salah satu konsep produk Xiaomi adalah ponsel pintar dengan harga murah. Tampaknya, hal inilah yang mematik konflik Apple dengan perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini.

Apple terlihat khawatir dengan harga murah dari Xiaomi yang tentunya lebih mudah menarik konsumen. Hal ini membuat Jonathan Ive, bos divisi desain Apple meluncurkan kritik kepada produk Xiaomi. Dia mengatakan bahwa produk buatan Xiaomi meniru produk Smartphone dari Apple.

Tuduhan yang dilempar Ive ini ditanggapi dengan serius oleh orang-orang penting dari perusahaan Xiaomi. Petinggi Xiaomi bahkan menyerang balik perusahaan yang dinobatkan sebagai perusahaan dengan nilai paling berharga di dunia ini.

Hugo Barra sebagai Vice President Xiaomi juga ikut serta membela produk buatan perusahaannya. Menurutnya, desain iPhone 6 bukanlah milik sepenuhnya dari Apple. Dia mengatakan bila produk terbaru Apple tersebut juga mirip bahkan menggunakan konsep desain dari Smartphone HTC.

Meskipun Barra mengeluarkan kritik pedas pada produk iPhone 6, tetapi, rupanya dia tidak ingin memperpanjang konflik Apple dan Xiaomi ini. Dia bahkan meredakan suasana dengan memuji desain iPhone 6 yang diluncurkan oleh Apple. Menurutnya, iPhone 6 adalah salah satu Smartphone dengan desain paling indah yang pernah dia lihat.

Akan tetapi, Barra juga mengatakan bila produk dari Xiaomi juga banyak terinspirasi dari berbagai ponsel pintar yang sudah beredar terlebih dahulu. Banyak dari produk tersebut memang mempunyai desain yang indah yang membuat Xiaomi terinspirasi untuk membuat produk yang juga indah.

Tetapi, melihat kekhawatiran Apple terhadap semakin meningkatnya produk saingannya sangatlah wajar. Hal ini dikarenakan kualitas dan spesifikasi produk Xiaomi dan Apple dapat dikatakan tidak terlalu berbeda jauh. Adanya sosok Hugo Barra dibalik Xiaomi juga membuat perusahaan ini diprediksi akan menghadirkan inovasi yang dapat mengguncang jagat gadget global. Dan, dengan harga yang lebih murah, maka Xiaomi dapat dikatakan berpeluang merebut pasar Apple, khususnya untuk kawasan Asia. Apapun itu, konflik Apple dan Xiaomi ini diharapkan banyak pihak akan berakhir secara damai tanpa perlu dibawa lebih jauh.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top