Cara Mempercepat ShutDown Komputer Pada Windows

Cara Mempercepat ShutDown Komputer Pada Windows

Advertisements

Cara Mempercepat ShutDown Komputer Pada Windows - Tips Cara Mempercepat ShutDown Pada Windows ini akan merubah beberapa setting pada registry. Jika anda belum begitu mengenal registry, ada baiknya anda terlebih dahulu untuk melakukan backup registry (Baca artikel Cara Mudah Backup Registry pada Windows) sebelum mencoba tips di bawah ini.
Setelah melakukan backup, lakukan beberapa perubahan pada registry untuk mempercepat shut down pada Windows.
Buka registry dengan cara kli Start, Run kemudian ketik Regedit.

Pergi ke bagian HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
Pada kolom sebelah kanan, cari field dengan nama AutoEndTasks dan ubah value menjadi angka 1 (satu). Settingan ini akan membuat windows untuk melakukan penghentian program secara otomatis pada program yang sedang mengalami crash.
Kemudian, cari field dengan nama HungAppTimeout dan rubah valunya dengan angka 1000. Pada kondisi normal, windows memerlukan waktu beberapa saat sebelum meminta system mengehentikan program secara otomatis. Dengan memperkecil nilai, maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit dan secara langsung akan mempercepat proses shut down.
Cari juga field WaitToKillAppTimeout dan rubah angka didalamnnya menjadi 5000. Hampir sama seperti sebelumnya, proses ini akan memperkecil waktu dari program saat melakukan shut down.
Kemudian, pergi ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management dan ubah value  
menjadi angka 0 (nol). Pada windows, terdapat sistem “paging file” yang menyimpan “cache” file pada windows. Cache ini akan menyimpan informasi seperti passowrd, run-time file dan beberapa file lain. Pastikan anda benar-benar tidak menbutuhkan file “cache” jika ingin menonaktifkan settingan ini.
Sekarang anda dapat membuktikan kalau settingan registry ini dapat mempercepat proses shut down operating system windows.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top