Cara Enkripsi Dokumen ke PDF Agar Teks Tidak Bisa di-Copy

Cara Enkripsi Dokumen ke PDF Agar Teks Tidak Bisa di-Copy

Advertisements

Cara Enkripsi Dokumen ke PDF Agar Teks Tidak Bisa di-Copy - Anda ingin menyebarkan dokumen dokumen melalui internet tetapi tidak ingin orang lain bisa dengan mudah copy-paste teks yang ada didalamnya? Atau anda seorang dosen/guru yang ingin membagikan contoh

laporan kepada mahasiswa/murid, tetapi tidak ingin murid tersebut bisa dengan mudah copy dokumen anda?
Jika hal itu yang ingin anda lakukan, trik jitu ini bisa menjadi solusi terbaik tanpa harus membeli software PDF converter berbayar. Berikut langkah-langkah untuk meng-convert dokumen ke PDF dengan teks tidak bisa di-copy paste oleh orang lain.
1) Buka file dokumen anda, bisa berupa word atau excel.
2) Ubah dokumen tersebut menjadi file PDF. Anda bisa menggunakan salah satu tips kami yang pernah kami publikasikan sebelumnya yaitu cara membuat file PDF menggunakan PrimoPDF dan konvert dokumen menggunakan aplikasi doPDF. Sebagai contoh, kami menggunakan doPDF sebagai aplikassi untuk merubah file dokumen ke PDF.
3) Setelah itu, buka file PDF yang telah anda buat tadi menggunakan aplikasi PDF Reader seperti Adobe Reader, Foxit Reader atau SlimPDF Reader. Sebagai contoh, kami menggunakan aplikasi Foxit PDF reader. Coba anda block teks pada dokumen, kemudian klik kanan, anda bisa lihat pada menu terdapat pilihan “Copy to Clipboard” yang menunjukkan kalau dokumen tersebut bisa dicopy dengan baik.
4) Selanjutnya, pada aplikasi Foxit Reader, print sekali lagi menggunakan doPDF (Sama seperti yang anda lakukan pada langkah ke dua, tetapi di sini diprint melalui aplikasi Foxit reader). Beri nama yang berbeda file PDF yang baru bisa lebih dikenali dengan sebelumnya.
5) Sekarang, coba anda buka file PDF yang terakhir anda buat. Coba gunakan mouse untuk melakukan copy pada teks dan lihat, teks tidak bisa di-copy ke clipboard. File PDF akan terbaca seperti file JPEG karena telah melalui print halaman sebanyak 2 kali.
Agar lebih optimal, lakukan print sekali lagi menggunakan doPDF reader agar teks benar-benar tidak bisa di-copy ke Clipboard.
Kesimpulan!
Secara sederhana, trik ini pertama kali akan menconvert file Word, Excel atau dokumen yang lain ke bentuk PDF dengan teks masih bisa di-copy melalui Clipboard (Dibaca sebagai teks pada PDF). Kemudian, diubah lagi ke bentuk file PDF dengan teks tidak bisa di-copy (Dibaca sebagai file gambar).
Ukuran file PDF terkahir bisa membengkak karena file terbaca sebagai gambar, bukan sebagai teks. Pada saat pengujian, file PDF (dengan teks tidak bisa di-copy) memiliki kapasitas hampir 10 kali lebih besar dari file PDF asli.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top