Cara Format E-mail agar Bebas Virus

Cara Format E-mail agar Bebas Virus

Advertisements

Cara Format E-mail agar Bebas Virus - E-mail adalah awal kehadiran Anda di dunia maya. Dengan e-mail Anda bisa mendaftar dan bergabung kemana saja. Bisa bergabung di facebook, twitter, blog, dan lain-lain. Adanya e-mail membuat Anda memiliki alamat resmi di dunia maya. Semua surat akan ditujukan ke alamat e-mail Anda itu. Anda pun akan mudah dihubungi melalui alamat e-mail Anda itu.
Dalam dunia maya Anda bisa membuat e-mail sebanyak mungkin. Tapi untuk apa? Cukup satu atau dua saja. Misalnya Anda punya email di yahoo.com dan gmail.com. Dengan dua e-mail itu Anda sudah bisa dihubungi oleh orang-orang dari seluruh dunia. Akan ada saja orang yang tak Anda kenal mengirimkan iklan kepada Anda.

Sebenarnya sih kalau Anda cukup sibuk, e-mail di internet cukup satu saja. Dari e-mail itu Anda bisa menjelajah kemana saja. Bergabung ke milis, bergabung ke situs jejaring sosial, berbelanja, dan lain-lain di dunia maya. Dari e-mail yang Anda buat itulah Anda mulai berpetualang di dunia maya. Sebuah dunia yang tak pernah tidur. Online terus selama 24 jam nonstop.
Adanya e-mail, orang lain dengan mudah dapat menghubungi Anda di dunia maya. Anda dapat membukanya di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet.
E-mail adalah sarana kirim mengirim surat elektronik melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu proses pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).

Namun e-mail rentan terhadap adanya aksi penyebaran virus yang dilakukan oleh orang/pihak tertentu dengan tujuan khusus. Salah satu cara penyebaran virus yang efektif memang adalah melalui e-mail. Si pembuat virus cukup melepas e-mail yang berisi virus ke beberapa e-mail target dan e-mail virus akan menyebar secara otomatis ke seluruh alamat e-mail yang terdapat address book target. E-mail bervirus ini nantinya akan terus menyebar dari satu alamat e-mail ke puluhan atau ratusan alamat e-mail lain.
E-mail – e-mail bervirus semacam itu biasanya menyertakan file attachment yang akan menjangkiti komputer apabila si pemilik e-mail membuka file yang disertakan. Untuk itu pengguna dapat memblokir seluruh attachment e-mail yang berpotensi mengandung virus.
Teknik perusakan PC(komputer) tidak hanya melalui file attachment saja. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kemampuan pengiriman e-mail dalam format HTML. Dengan format ini, e-mail yang dibuka akan secantik halaman web karena pengirim e-mail dapat menyertakan gambar, suara,script dan sejenisnya ke dalam badan e-mail. Kemampuan inilah yang sering dimanfaatkan penyebar virus dengan menambahkan script-script nakal yang bisa mengeksploitasi komputer di dalam e-mail yang dikirim.
Dengan teknik perusakan ini, pemblokiran attachment tidak akan menolong. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memblokir e-mail berformat HTML dan mengkonversinya menjadi plain text. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Jalankan Window Mail melalui menu [Start] > [All Programs] > [Windows Mail].
  • Klik menu [Tools] > [Options].
  • Pada jendela Options yang baru muncul, klik tab [Read].
  • Berikan tanda centang/cek pada checkbox [Read all messages in plain text].
  • Klik [OK] untuk menutup jendela Options.
Nah setelah itu Anda tidak akan menerima lagi e-mail dalam format HTML. Semua pesan akan dikonversi secara otomatis menjadi teks murni (plain text). Dengan merubah format menjadi teks, maka tidak akan ada lagi script-script tak diundang yang kadang kala membawa virus.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top