Tingkatkan Kemampuan Menyimpan Data Dengan Trik Disk Write Caching

Tingkatkan Kemampuan Menyimpan Data Dengan Trik Disk Write Caching

Advertisements

Tingkatkan Kemampuan Menyimpan Data Dengan Trik Disk Write Caching - Terdapat banyak cara untuk mendongkrak performa komputer, salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan komputer dalam menyimpan data. Meningkatkan kemampuan komputer dalam menyimpan data bukan berarti menambah ukuran hard disk, pada trik kali ini kita akan memanfaatkan fitur Disk Write Caching yang memang secara default disediakan oleh Windows, hanya mungkin banyak pengguna tidak mengetahuinya.
Sebenarnya apa sih Disk Write Caching? Disk Write Caching adalah fasilitas yang memberikan operasi tambahan kepada sistem agar mengaktifkan fitur cache pada saat data dibuat. Sistem akan secara simultan menciptakan cache pada saat file akan disimpan ke dalam disk, setelah file benar-benar dibuat oleh sistem baru kemudian file tersebut akan dituliskan secara permanen ke dalam disk. Sistem lalu memberikan informasi bahwa cache telah aman untuk dihapus.
Dengan adanya operasi semacam ini, maka hard disk tidak harus selalu bekerja menyimpan setiap file yang dibuat sehingga secara otomatis meningkatkan kemampuan dan juga performa komputer.

Mengaktifkan Disk Write Caching

Cara Pertama; Via Windows Explorer

  • Buka Windows Explorer – klik kanan pada salah satu partisi – klik Properties.
  • Klik menu tab Hardware dan klik tombol Properties.
  • Kemudian klik tab menu Policies dan centang kotak Enable disk caching on this device lalu klik tombol OK.

Cara Kedua: Via Device Manager

  • Anda dapat juga mengaktifkan fitur disk caching melalui Device Manager, caranya klik tombol Start Menu dan ketikkan Device Manager lalu klik menu Device Manager yang muncul di Start Menu Bar.
  • Klik Disk Drive – klik kanan pada teks Hitachi dan klik Properties
  • Sama seperti langkah nomor tiga cara pertama di atas, klik tab menu Policies dan centang kotak Enable disk caching on this device lalu klik tombol OK.
Cara di atas dapat dilakukan dengan mudah, silahkan dicoba dan jangan takut apabila terjadi kesalahan, ikuti langkah demi langkah yang saya berikan. Trik ini penting untuk dilakukan terutama apabila performa komputer mulai melambat yang mungkin disebabkan oleh hardisk yang mulai melambat.


Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top