Cara Membuat Penomoran Halaman di Posisi Yang Berbeda di MS Word

Cara Membuat Penomoran Halaman di Posisi Yang Berbeda di MS Word

Advertisements

Cara Membuat Penomoran Halaman di Posisi Yang Berbeda di MS Word - Format laporan memiliki banyak kesamaan namun juga terdapat berbagai perbedaan, dimulai dari struktur bab hingga penempatan nomor halaman dan juga jenis nomor yang digunakan, di dalam beberapa jenis laporan biasanya terdapat keharusan penempatan nomor halaman yang berbeda sehingga hal ini menyulitkan terutama bagi beberapa penulis yang tidak mengetahui trik membuat penomoran halaman di posisi yang berbeda dengan jenis nomor yang berbeda pula. Meskipun hanya hal kecil tetapi tak ayal seringkali membuat pusing kepala.
Merespon permintaan komentator “Si Entong” di artikel Membuat Penomoran yang Berbeda Pada Halaman Dokumen Word 2007, maka kali ini saya akan memberikan tips membuat penomoran halaman di posisi yang berbeda dengan format penomoran yang berbeda pula.
  • Jalankan Microsoft Office Anda, ohya saya sangat menyarankan Anda menggunakan MS Word 2007 atau versi terbaru agar lebih mudah mengaplikasikan trik ini. Oke, setelah MS Word berjalan, klik menu ribbon Page Layout –> Breaks –> Next Page. Pada halaman MS Word Anda akan muncul halaman kedua secara otomatis, kembalikan kursor ke halaman pertama.
  • Dengan posisi kursor mouse pada halaman pertama, klik menu ribbon Insert –> Page Number –> Format Page Number, lihat gambar untuk petunjuk yang lebih jelas.
  • Lalu akan muncul jendela kecil di mana Anda diminta untuk melakukan pengaturan jenis penomoran. Pada Number format pilih jenis penomoran i, ii, iii kemudian pada Page numbering pilih Start at dan isikan i. Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Setelah itu Anda akan kembali ke halaman pertama MS Word, klik menu ribbon Insert –> Page Number –> Bottom of Page –> Plain Number 2 atau posisi di tengah bawah. Maka kemudian akan muncul nomor halaman dengan jenis nomor (i) dan posisi berada di tengah bawah. Posisi nomor halaman berada di dalam footer halaman pertama. Jangan lupa untuk mencentang kotak pilihan Different First Page pada menu ribbon Design.
  • Kemudian posisikan kursor di dalam header halaman kedua, kembali klik Insert –> Page Number –> Format Page Numbers.
  • Anda akan melihat sebuah jendela kecil muncul, di mana Anda diminta untuk melakukan pengaturan jenis penomoran. Pada Number format pilih jenis penomoran 1,2, 3 kemudian pada Page numbering pilih Start at dan isikan 1. Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Kembali ke header halaman kedua, klik menu ribbon Insert –> Page Number –> Top of Page –> Plain Number 3 atau atas kanan.
  • Penampakan hasil akhir akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
  • Apabila footer halaman kedua mengikuti penomoran pada footer halaman pertama, letakkan kursor di dalam footer halaman kedua dan hilangkan pilihan Link to Previous pada ribbon Design. Atau coba untuk hapus secara manual.
Sekilas trik ini terlihat sederhana, tetapi bagi beberapa pengguna yang membutuhkan cara penempatan nomor halaman yang berbeda trik ini akan sangat berguna terlebih dapat dilakukan dalam satu dokumen Word dan dengan jenis nomor halaman yang berbeda pula.

Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top