Cara Melindungi Dokumen Microsoft Word Agar Tidak Bisa Diedit

Cara Melindungi Dokumen Microsoft Word Agar Tidak Bisa Diedit

Advertisements

Cara Melindungi Dokumen Microsoft Word Agar Tidak Bisa Diedit - Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana hasil ketikkan Anda tiba-tiba berubah tidak karuan yang kemudian mengakibatkan pekerjaan Anda menjadi kacau dan tidak terselesaikan? Saya ingat betul bagaimana perasaan kesal yang teramat sangat pada saat mengalami masalah itu, alhasil seharian saya marah-marah dan ngomel ke semua teman kos tapi tetap tugas tidak selesai.
Sialnya lagi tidak ada satupun teman kos yang mengaku. Komputer yang digunakan secara berjamaah oleh banyak orang rentan akan masalah-masalah seperti ini, tidak hanya masalah dokumen word saja, tapi bahkan yang berkaitan dengan file-file pribadi di dalam Windows Explorer.
Saya yakin Anda juga akan merasa marah bercampur kesal jika mengalami hal tersebut, tapi untuk Anda yang tidak ingin mengalami penderitaan itu. Ada satu cara untuk mencegah tindakan editing baik disengaja ataupun tidak disengaja misalnya akibat ulah anak Anda yang masih balita dan belum paham apa yang dilakukan dan kekacauan yang bisa ditimbulkan. Caranya dengan melindungi file dokumen Anda dengan password sehingga hanya Anda dan orang yang mengetahui password yang dapat melakukan perubahan terhadap dokumen tersebut.
File dokumen Anda tetap bisa dibaca, tetapi untuk dapat melakukan editing pengguna harus memasukkan pasword yang benar. Gimana caranya? ini dia…
  • Pertama: Buka dokumen Microsoft Word Anda dan klik menu Review kemudian klik Protected Document, maka akan muncul jendela kecil di sebelah kanan dokumen Word Anda. Klik Restrict Formatting and Editing seperti terlihat di dalam gambar di bawah ini.
  • Kedua: Masih di jendela kecil sebelah kanan Anda, akan muncul jendela lebih panjang dengan beberapa pengaturan. Pertama centang Limit Formatting to a selection of styles, kemudian centang Allow only this type of editing in the document kemudian klik tombol Yes, Start Enforcing Protection.
  • Ketiga: Setelah Anda klik tombol Yes, Start Enforcing Protection maka akan muncul jendela baru yang meminta Anda mengatur password yang Anda inginkan agar dapat melakukan perubahan pada dokumen di kemudian hari. Setelah Anda masukkan pasword, klik tombol OK untuk melanjutkan dan sampai di sini langkah perlindungan dokumen Anda telah selesai dan dokumen Anda dipastikan aman dari resiko kejadian yang tidak diinginkan. Setiap pengguna lain yang mengakses dokumen Anda hanya bisa membaca tanpa dapat melakukan modifikasi karena telah terlindungi oleh password, untuk itu pastikan password yang Anda gunakan tidak mudah ditebak.
  • Setelah dokumen Anda aman dari tangan-tangan jahil, sekarang bagaimana jika Anda yang ingin melakukan modifikasi terhadap dokumen tersebut, caranya gampang. Cukup arahkan mouse anda ke dalam dokumen dan cobalah untuk melakukan perubahan, komputer akan memberikan peringatan di sebelah kanan dokumen berupa tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Klik saja Stop Protection dan Anda akan diminta mengisi password yang telah Anda atur sebelumnya, klik OK dan Anda dapat melakukan perubahan dan modifikasi pada dokumen tersebut seperti biasa. Ingat, lakukan perlindungan kembali jika Anda ingin menyimpan dan menutup dokumen.
Bagaimana, mudah bukan? dengan cara ini Anda dapat memberikan perlindungan lebih pada dokumen Microsoft Word Anda tanpa khawatir kehilangan hasil kerja yang sebelumnya Anda kerjakan. Awas, jangan sampai lupa passwordnya!
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top