Cara Lengkap Migrasi Hosting Blog WordPress Secara Manual Versi Cepat

Cara Lengkap Migrasi Hosting Blog WordPress Secara Manual Versi Cepat

Advertisements

Cara Lengkap Migrasi Hosting Blog WordPress Secara Manual Versi Cepat - Saya menyebut panduan ini sebagai panduan migrasi hosting versi cepat karena sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan migrasi hosting blog wordpress yang menggunakan self hosting. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan cepat, sehingga dapat menghemat waktu dan bandwidth internet Anda. Pada panduan versi cepat ini anda tidak perlu mengubah file config.php.
Sebelum masuk ke step by step-nya, rasanya perlu bagi saya untuk menjelaskan apa itu migrasi hosting dan mengapa sih kita perlu memiliki kemampuan melakukan migrasi hosting terutama Anda yang menggeluti dunia blogging sebagai mata pencaharian atau bahkan untuk Anda yang memiliki web hanya sebagai hoby.
Migrasi hosting adalah suatu proses pemindahan file dan database web dari satu hosting ke hosting lainnya sehingga semua data tidak akan berubah ketika situs kembali dapat diakses di hosting baru. Kemampuan melakukan migrasi hosting akan sangat berguna, selain untuk mendukung kegiatan blogging juga untuk melakukan tindakan lain yang berkaitan dengan database web misalnya Anda ingin memindahkan semua postingan, melakukan back up secara manual, memindahkan files dan database klien, dan bahkan ketika menjual web anda di mana kemampuan migrasi blog menjadi keharusan.
Ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi untuk melakukan panduan ini, antara lain:
  1. Blog anda adalah self hosting, bukan wordpress.com, blogger.com atau blogdetik.com
  2. Backend server anda menggunakan Cpanel
  3. Tidak terdapat instalasi lain selain script CMS WordPress
  4. Anda telah membeli hosting yang baru tempat di mana file dan database akan dipindah
  5. Anda telah melakukan pengaturan Name Server di registrar.
  6. Anda telah menginstal script WordPress di hosting baru
Jika keenam kondisi di atas terpenuhi, sekarang kita coba mulai proses migrasi web nya ya…

Backup Folder Wp-content

  • Masuk ke cpanel hosting lama Anda, karena saya mensyaratkan Anda telah melakukan pengaturan Name Server seperti di dalam kondisi nomor 5, maka login cara lama dengan mengakses www.namasitus.com/cpanel sebaiknya tidak dilakukan karena Anda justru akan login ke hosting yang baru saja Anda beli, lakukan login ke Cpanel melalui link yang diberikan oleh pihak hosting lama Anda sebelumnya, biasanya akan langsung ke server hosting, ini contoh linknya gator991.hostgator.com:2083. Jangan khawatir, selama paket Anda belum kadaluarsa, file Anda tetap berada di sana. Setelah berhasi login, klik File Manager dan akan muncul pop up di layar, klik Ok saja untuk melanjutkan.
  • Di dalam tab baru akan terlihat jendela File Manager, di sebelah kiri Anda adalah folder domain Anda dan di sebelah kanan adalah isi dari folder domain tersebut, halaman ini mirip sekali dengan Windows Explorer di komputer. Seperti terlihat di dalam gambar, ada 3 langkah yang harus Anda lakukan di sini, pertama klik salah satu folder di sebelah kiri sesuai dengan nama domain web yang ingin Anda pindahkan, setelah folder terbuka klik sekali pada folder sebelah kanan wp-content dan terakhir klik menu Compress.
  • Kemudian akan muncul pop kecil yang perlu Anda atur sebelum proses compress dilanjutkan, pada Compression Type pilih Zip Archive, Enter the name biarkan seperti default dan kemudian klik Compress File (s), tunggu hingga proses selesai. Sampai di sini proses back up file wp-content selesai, silahkan download file wp-content.zip hasil kompresi ke dalam komputer Anda.

Back up Database

  • Langkah selanjutnya adalah melakukan back up database blog anda, di dalam menu Cpanel klik phpMyAdmin.
  • Pilih database blog yang ingin Anda pindahkan, kemudian klik Export. Setelah itu pada Export Method pilih Custom, pada Tables Anda boleh memilih semua atau sebagian. Jika ingin memback up postingan saja, silahkan pilih wp_posts saja, jika ingin beberapa saja juga boleh, tapi untuk lebih aman Anda bisa memilih semua, pada Compression anda pilih zip atau boleh gzip, tergantung hosting baru Anda support jenis kompresi apa, biarkan pengaturan lain seperti itu adanya kemudian klik Go untuk mulai men-download file database ke dalam komputer Anda.

Proses Pemindahan File dan Database

  • Pada proses ini saya asumsikan bahwa Anda telah melakukan instalasi CMS WordPress di hosting baru Anda. Masuk ke Cpanel hosting baru kemudian klik File Manager dan upload file wp-content.zip ke dalam folder domain Anda. Setelah proses upload selesai, hapus folder wp-content (bukan wp-content.zip) setelah anda hapus folder wp-content baru anda ekstrak file wp-content.zip yang Anda upload tadi, caranya klik file dan klik menu Extract.
  • Coba untuk masuk ke dashboard blog Anda dan aktifkan kembali semua plugin.
  • Kembali ke Cpanel dan klik phpMyAdmin dan pilih database situs anda dan centang semua table [jika pada langkah export Anda juga memilih semua table, tetapi jika pada proses back up database/eksport Anda hanya memilih wp_posts maka yang Anda hapus di langkah ini juga hanya wp_posts] yang pada pilihan With Selected anda pilih Drop dan klik Yes.
  • Masih di dalam database, klik pilihan Import, kemudian klik Choose File untuk mencari file database yang anda download pada proses back up database sebelumnya. Pilih file dan klik Go.
Setelah proses import berhasil, silahkan coba akses dashboard web Anda kembali-harap diingat bahwa user blog yang Anda install di hosting baru akan terganti dengan user blog lama Anda. Setelah login sistem akan meminta Anda mengupdate database, klik saja Update Database dan Continue, Selesai! blog Anda telah pindah ke hosting yang baru dengan selamat.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top