Cara Backup dan Restore Ekstensi Firefox

Cara Backup dan Restore Ekstensi Firefox

Advertisements

Cara Backup dan Restore Ekstensi Firefox - Firefox adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan saat ini selain Google Chrome. Firefox mempunyai banyak kelebihan dibandingkan browser lain, salah satunya adalah adanya ekstensi yang membantu pengguna melakukan aktifitas online dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih beragam dan lebih menyenangkan. Ada jutaan ekstensi Firefox yang dapat anda download dan instal dengan gratis, tanpa adanya ekstensi-ekstensi untuk menambah fitur Firefox akan sangat membosankan dan sudah barang tentu akan ditinggalkan oleh pengguna.
Meng-instal ekstensi di Firefox memang sangat mudah dilakukan, hanya dengan 2 klik Anda akan memiliki ekstensi yang Anda inginkan, tetapi apa yang akan terjadi apabila puluhan ekstensi yang telah Anda instal tiba-tiba harus hilang karena adanya masalah di komputer atau terjadi crash pada Firefox Anda? Tentu sangat tidak menyenangkan. Sebelum mimpi buruk itu terjadi, ada baiknya segera Anda lakukan langkah persiapan dengan cara mem-backup semua ekstensi yang terinstal, caranya dengan menggunakan ekstensi bernama FEBE yang merupakan ektensiyang bisa digunakan untuk backup ekstensi dari Firefox.
FEBE adalah singkatan dari Firefox Environment Backup Extension, ekstensi ini lumayan rumit tapi kerumitannya menandakan bahwa developer sangat serius menggarap ekstensi ini, yang sudah barang tentu akan menawarkan fitur yang sangat bermanfaat. Dan memang pada kenyataannya ekstensi ini tidak hanya mampu membackup ekstensi Firefox anda tapi juga mampu membackup bookmark, pasword, history, cache dan juga pengaturan permission Firefox Anda.
Saya sendiri sudah melakukan test run di Firefox 12.0 dan berjalan dengan sangat baik, namun untuk Anda yang menggunakan Firefox versi sebelumnya sebaiknya melakukan update minimal versi 4.0.

Instalasi dan Pengaturan Ekstensi

  • Untuk memulai proses backup ekstensi Anda, pertama download dan instal ekstensi FEBE di halaman ini: softwarebychuck, setelah Anda instal dan restart Firefox, klik ikon Firefox di sudut kiri atas dan arahkan kursor ke Back Utilities —> FEBE —> FEBE Options. Lihat gambar di bawah ini untuk petunjuk langkah demi langkah yang lebih jelas.
  • Akan muncul jendela baru di mana pada jendela aplikasi ini Anda diminta melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum ekstensi dapat digunakan. Tanpa pengaturan yang benar FEBE tidak akan berjalan dengan baik. Ada 6 menu tab yang berisikan berbagai macam pengaturan yang nanti akan kita set sedemikian rupa agar ekstensi bekerja secara optimal. Pengaturan pertama adalah menentukan apa saja yang akan dibackup oleh FEBE, langsuna saja klik menu What to backup, silahkan centang pilihan Backup items dan Additional items, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan klik OK, karena Anda harus melakukan pengaturan ke tab berikutnya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik Where to backup dan Browse untuk memilih folder di dalam komputer Anda, folder ini akan digunakan oleh ekstensi untuk menyimpan file backup, Anda harus mengingat lokasi folder tersebut untuk proses restore nanti. Rekomendasi saya buat sebuah folder di disk D sebagai direktori tujuan penyimapan hasil backup agar ketika Anda melakukan instal ulang data Anda tidak hilang karena biasanya disk C akan terhapus saat instal ulang. Ok, kita lanjutkan, biarkan pengaturan lain seperti itu adanya, kemudian lanjut ke pengaturan tab berikutnya.
  • Klik tab When to backup, di dalam menu ini Anda diminta untuk mengatur jadwal backup secara otomatis. Ada 4 pilihan yang dapat Anda tandai yaitu Daily untuk backup setiap hari, Weekly on: untuk mingguan dan silahkan atur hari dan jam yang Anda inginkan. Kemudian Monthly on the untuk pengaturan jadwal backup bulanan dan No scheduled backup untuk pengaturan tanpa jadwal backup. Pengaturan lainnya silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Kemudian klik How to backup untuk mengatur bagaiman proses backup berlangsung, ada beberapa kotak kecil yang dapat anda centang, Anda dapat mengikuti gambar di bawah ini sebagai pengaturan default atau sesuaikan dengan keinginan Anda. Sampai di sini klik OK untuk menyimpan pengaturan, saya rasa pengaturan lain seperti Advance, Box.net dan Info belum dibutuhkan saat ini.
  • Setelah proses pengaturan di atas selesai, sekarang Anda dapat memulai proses backup ekstensi Firefox Anda, dimulai dengan meng-klik ikon Firefox di sudut kiri atas dan arahkan kursor ke Backup Utilities —> FEBE —> Perform Backup. FEBE akan menampilkan proses backup sesuai dengan pengaturan yang sudah kita lakukan di atas tadi, tunggu hingga selesai dan pastikan bahwa Anda dapat menemukan file hasil backup di dalam folder yang kita atur pada langkah kedua panduan ini.

Proses Restore Ekstensi

  • Apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada aplikasi Firefox atau Windows Anda atau tanpa sengaja terhapus, maka proses restore ini perlu dilakukan untuk mengembalikan semua ekstensi yang pernah diinstal di browser Firefox Anda. Caranya klik ikon Firefox Anda dan arahkan kursor ke Backup Utilities —> FEBE —> Restore —> Restore Extensions [menu Firefox 12.0]
  • Kemudian akan muncul jendela Windows yang meminta Anda memilih file ekstensi yang ingin Anda restore, masih ingatkan folder yang anda gunakan untuk menyimpan file backup ekstensi Anda pada saat proses pengaturan FEBE? Pastikan Anda menemukan filenya dan klik Open untuk memulai proses restorasi.
  • Perhatikan di layar sebelah kanan bawah, tepat di atas taskbar akan muncul jendela kecil yang meminta konfirmasi Anda sebelum proses restore dilakukan. Klik OK dan secara instan ekstensi FEBE akan melakukan restorasi ekstensi seperti sediakala.
Fuih, lumayan panjang ya langkahnya? Tidak mengapa, selama Anda berhasil mengatasi masalah Anda dengan baik dan dapat kembali menikmati berbagai macam fitur dari ekstensi Firefox Anda
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top