Empat Software Jitu Untuk Mengecek Pengguna Wireless Anda

Empat Software Jitu Untuk Mengecek Pengguna Wireless Anda

Advertisements

Empat Software Jitu Untuk Mengecek Pengguna Wireless Anda - Teknologi semakin berkembang, kabel semakin dijauhi. Hal ini juga terjadi di dunia internet. Sayangnya, teknologi nirkabel membuat penggunaan internet tidak dapat dikontrol penuh, karena semua bisa saja menggunakan jika memiliki akses yang tepat. Alhasil, internet akan terasa lelet dan membuat stress.
Tidak perlu takut lagi, beberapa program untuk scanning keamanan koneksi internet nirkabel siap menjadi “satpam” Anda! Dengan menggunakan software ini, Anda dapat melihat siapa saja yang menggunakan koneksi internet Anda, dan bahkan memutusnya!

Wireless Network Watcher

Software satu ini akan melakukan scanning di network secara keseluruhan, dan menampilkan pihak yang sedang online. Tidak hanya koneksi nirkabel saja, koneksi internet dengan kabel pun juga tidak akan luput dari pantauan software satu ini.
Terlihat di gambar yang ditampilkan, Wireless Network Watcher bahkan menampilkan device yang terpasang ke sistem koneksi secara detil. Sebuah router, iPhone, dan desktop terlihat sedang terkoneksi ke network ini. Jika ingin mengekspor hasil pantauan ini, cukup dilakukan dengan View – HTML Report – All Items.
Jika ingin melakukan pantauan hanya pada alamat IP yang spesifik, opsi ini dapat diakses dengan menekan F9 di keyboard. Sebuah layar advanced options akan muncul, dan Anda dapat mengetik range alamat IP yang akan dipantau.

FING

Laptop Anda sedang diperbaiki? Atau desktop sedang rusak? Dengan bermodalkan smartphone, Anda juga masih bisa memantau pengguna koneksi internet Wifi. Tidak seperti Wireless Network Watcher, Fing hanya dapat melakukan scanning di sistem Wifi.
Setelah launch aplikasi ini, laporan pantauan langsung dapat dilakukan. Fitur rename untuk memberi nama pada tiap device yang terpantau juga dapat dilakukan. Fing tersedia untuk platform Android dan iOS.

Network Scanner Dari SoftPerfect

SoftPerfect menyediakan salah satu software scanning yang cukup rumit untuk digunakan. Pertama kali, Anda harus memasukkan alamat IP dari default gateway koneksi yang akan dicek. Untuk mengidentifikasinya, buka CMD pada Start menu Windows, dan masukkan perintah: ipconfig. 
Setelah mendapatkan info perihal alamat IP, buka software ini dan masukkan angka tersebut ke dalam box field pertama. Pada box field berikutnya, masukkan alamat tersebut kembali diikuti dengan 255 di bagian akhir. Klik Start Scanning untuk membuat software ini melakukan pekerjaannya.
Alamat IP dan MAC akan keluar di laporan scanning Network Scanner. Untuk menyimpannya, tekan keyboard CTRL + S.

DHCP Table

Selain cara di atas yang menggunakan software, Anda juga dapat mengeceknya melalui DHCP reservation table. Gunakan CMD dan ipconfig, lalu masukkan alamat IP yang didapat ke browser. Biasanya akan ada password yang harus dimasukkan pada setup ini. Setelah masuk, carilah DHCP Reservation. Biasanya, opsi ini akan ditemukan pada Setup – Basic Setup,tapijuga tergantung dengan router yang digunakan. Pada opsi ini, maka semua device yang terkoneksi dengan network akan ditampilkan secara lengkap. Dengan mengetahui siapa “penyusup” yang membuat internet loyo, Anda sudah dapat mengambil langkah berikutnya.

Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top