Cara Mengaktifkan DOM Storage di Internet Explorer dan Firefox

Cara Mengaktifkan DOM Storage di Internet Explorer dan Firefox

Advertisements

Cara Mengaktifkan DOM Storage di Internet Explorer dan Firefox - Bingung apa itu DOM storage? DOM storage, seperti pada cookies HTTP, adalah data yang disimpan setiap kali ada sesi kunjungan ke sebuah situs. Tidak seperti cookies, lebih lanjut DOM storage mempermudah kontrol informasi yang ingin disimpan maupun diperlihatkan pada pihak lainnya.

DOM storage memiliki dua komponen penting, yaitu Session storage dan Local storage. Semua data yang masuk pada durasi tiap sesi akan disimpan di sini. Ketika kamu membuka tab baru, maka data pada sesi tersebut akan masuk ke storage tab baru juga.

Sedangkan pada Local storage akan dibagi ke beberapa jendela dalam satu kurun waktu sesi tertentu. Storage ini memungkinkan tiap aplikasi untuk memasukkan 10MB data input.
Mengatur DOM Storage Pada IE (Internet Explorer)
  • Bukalah Control Panel dengan setting “all items view” dulu. Lalu, klik pada ikon “Internet Options.” Langkah ini juga bisa dilakukan melalui browser Internet Explorer dengan masuk ke “Tools” dan klik ikon yang sama. Tools biasanya ditunjukkan dengan ikon gear maupun pada menu bar.
  • Klik “Advanced” dan carilah bagian “Security” yang ada pada bagian bawah “Settings.”

  • Konfigurasi default akan mengaktifkan DOM storage secara otomatis. Kalau kamu mau mematikan fitur ini, cukup uncheck box “Enable DOM Storage” dan klik OK. Untuk mengaktifkannya lagi, klik check box di tempat yang sama. Klik “OK” setelahnya.
Mengatur DOM Storage Pada Firefox
  • Agak berbeda di browser Mozilla ini, kamu harus masuk ke browser terlebih dahulu. Pada address bar, kamu ketikkan “about:config” dan jangan lupa klik Enter.
  • Sebuah halaman peringatan akan keluar. Klik tombol “I’ll be careful, I promise’ untuk melanjutkan.
  • Untuk mematikan DOM storage, carilah bagian “dom.storage.enabled” dan double click. Hati-hati, jangan sampai kamu meng-klik entri lainnya. Ubahlah value dari entri tersebut dari “true” ke “false”.
  • Sedangkan jika kamu mau mengaktifkan lagi, double click pada entri yang sama. Kali ini, ubah value pada entri tersebut dari “false” ke “true.” DOM storage akan sekali lagi aktif.
Itu tadi tutorial untuk mengaktifkan DOM Storage di dua peramban populer yakni Internet Explorer dan Firefox, silahkan dicoba dan jika ada kendala jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah disediakan.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top