Cara Membatasi Waktu Sesi Active Remote Desktop

Cara Membatasi Waktu Sesi Active Remote Desktop

Advertisements

Cara Membatasi Waktu Sesi Active Remote Desktop - Active remote desktop hanya dapat diaktifkan pada beberapa versi Windows saja. Pada Windows Vista, hanya versi Business, Ultimate, dan Enterprise saja yang dapat menggunakan fitur ini. Sedangkan pada Windows 7, versi Professional, Ultimate, dan Enterprise yang mendukung active remote desktop. Pada Windows 8, hanya versi Pro dan Enterprise saja yang masih dapat menggunakan fitur ini.

Active remote desktop ini dapat dibatasi dengan waktu tertentu. Setelah melewati durasi, maka fitur ini akan dengan otomatis terputus. Sebelum diputusnya fitur ini, pengguna akan diberi peringatan dua menit sebelumnya. Dengan demikian, pengguna memiliki kesempatan untuk menyimpan segala file dan menutup program yang berjalan.

Berikut adalah langkah mengatur durasi active remote desktop. Perlu diketahui setup ini hanya dapat dilakukan dengan akun admin pada PC.
Setup Melalui Local Group Policy Editor
  • Buka terlebih dahulu Local Group Policy Editor. Klik sisi kiri klik User Configuration – Administrative Templates – Windows Components – Remote Desktop Services – Remote Desktop Session Host – sampai ke Session Time Limits.

  • Pada sisi sebelah kanan, temukan ‘Set time limit for active Remote Desktop Services sessions.’ Klik kanan, lalu klik ‘Edit.’ Untuk konfigurasi default, time limit dari active remote desktop memang belum diatur (Not Configured.) Pilihan lain dari setting ini adalah ‘Disabled.’
  • Kalau Anda mau mengaktifkan time limit, cukup klik pada ‘Enabled.’ Setelahnya, klik ‘Active session limit’ pada bagian bawah ‘Options.’ Anda bisa mengatur durasi sebelum sesi ini diputus.

  • Setelah mengatur setup ini, tutup jendela Local Group Policy Editor ini.
Setup Manual Melalui Registry Editor
  • Buka menu Start, lalu ketik pada kolom Search: regedit. Tekan tombol Enter.
  • Ketika keluar dengan UAC, klik YES.Pada jendela regedit ini, masuklah ke lokasi berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows NT\Terminal Services.

  • Untuk mengatur durasi active remote desktop, klik pada kolom kosong di sebelah kanan ‘Terminal Services.’ Klik ‘New’ dan DWORD (32-bit) Value. Lalu, ketikkan ‘MaxConnectionTime’ dan tekan Enter.

  • Pada value tersebut, klik kanan dan klik Modify. Klik ‘Decimal’ pada bagian kanan bawah. Masukkan ‘Value data’ pada tabel di bawahnya untuk memasukkan durasi waktu yang diinginkan. Klik OK.
  • Jika Anda mau mematikan fitur ini, cukup hapus value tadi. Lalu, klik YES.
Tutup jendela regedit ini. Anda harus melakukan restart PC untuk mendapatkan setup ini teraplikasi ke PC Anda.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top