Tips Komputer Cara Menggunakan System Restore di Windows 8.1

Tips Komputer Cara Menggunakan System Restore di Windows 8.1

Advertisements

Tips Komputer Cara Menggunakan System Restore di Windows 8.1 - Preview dari Windows 8.1 tidak menyediakan akses bagi user kepada system restore. Pasalnya, pihak Microsoft khawatir dengan kans user mengalami kecelakaan dengan membuat images system restore pada preview release. Alasan lain adalah karena opsi lain untuk system recovery dapat dinikmati di final release Windows 8.1 yang dilakukan pada Oktober 2013.

Backup pada Windows 8 tidak lagi digunakan di Windows 8.1. Microsoft mungkin berpikir bahwa opsi tersebut cukup tua dan tidak lagi memiliki chemistry dengan fitur modern pada system operasi terbaru ini.

Akses System Restore
Untuk membuat images system restore, pertama-tama user harus tahu bagaimana mengakses fitur ini terlebih dahulu. Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya mengetahui bahwa system restore ini akan membentuk sebuah images yang mengambil kondisi terakhir dari PC secara identik.
Mulai dari struktur file, system, driver, aplikasi, dan lainnya, semua akan direkam mentah-mentah oleh system restore Windows 8.1 ini. Hal ini membuat user akan dengan mudah me-restore semua data yang ada ke PC.
  • Pada versi preview Windows 8.1 ini, Anda dapat menggunakan PowerShell sebagai Administrator untuk mengakses fitur ini. Klik kanan pada tombol Start. Alternatif lain adalah menekan tombol Windows key + X pada keyboard.

  • Klik pada “Windows PowerShell (Admin)” untuk melanjutkan setup.

  • Untuk melanjutkan setup, Anda harus login lebih dulu ke akun Administrator di PC Anda. Setelah itu, ketiklah perintah ini: wbAdmin start backup –backupTarget:E: -include:C: -allCritical –quiet
Perintah tersebut dapat dimodifikasi dengan mengubah huruf yang mengacu pada drive yang dipilih. Drive target pun dapat diubah-ubah sesuai keperluan lewat perintah “backupTarget:”. Drive USB, hard disk eksternal, maupun partisi internal pun dapat menjadi alternative.
Sayangnya, partisi internal tidaklah direkomendasikan, karena bisa saja tidak dapat diakses ketika PC bermasalah. Alhasil, image system restore yang dibuat juga tidak dapat bekerja.
  • Untuk membuat backup bagi lebih dari satu drive, maka perintah yang dimasukkan adalah: wbAdmin start backup –backupTarget:E: -include:C:,D:,F: -allCritical –quiet

Sekali lagi, Anda dapat mengubah drive yang dimaksud sesuai dengan kebutuhan. Image system restore akan dibuat dan memakan waktu antara 10-60 menit.
Kesimpulan
Dengan menghilangnya fitur Backup dari Windows 8, Microsoft masih belum menentukan opsi yang dapat dipilih oleh user untuk membuat system restore. Metode satu ini cukup efektif dijalankan bagi pengguna Windows 8.1, setidaknya sampai Microsoft memberikan solusi backup yang ofisial.
Perlu diketahui, metode ini tidak direkomendasikan dilakukan untuk Windows 8.1 Pro Preview. Versi terkait dimaksudkan sebagai “beta-version” untuk mendapatkan feedback sebelum final release. Oleh karena itu, ada baiknya mengakses system restore ini hingga perilisan resmi di Oktober 2013.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top