Tips komputer Menangani PC Komputer - desktop sering restart sendiri

Tips komputer Menangani PC Komputer - desktop sering restart sendiri

Advertisements

Tips komputer Menangani PC Komputer - desktop sering restart sendiri PC - komputer anda sering restart terus, lalu kemudian setelah di periksa, ternyata processornya panas sekali. Suhu pada saat idle ( baca di BIOS ) 62 Celcius atau lebih (untuk pengecekan panas tekan del pada saat booting, setelah masuk bios coba periksa CPU monitor pada bios tersebut),langkah nya sudah di coba ganti kipas processor / dibersihkan, dan oles ulang grease-nya.Suhu Processor masih panas,apkah penyebab nya?

Suhu prosesor pada saat idle mencapai 62 Celcius? Itu berarti ada yang salah dengan sistem pendinginan komputer kamu. Cara memeriksanya adalah sebagai berikut:

1. Karena kamu sudah ganti kipas processor, coba kamu lihat dudukan heatsinknya (yang berada dibawah kipas processor), pastikan bahwa heatsink tersebut menempel dengan pas dan rapat terhadap procesor. Dudukan heatsink yang longgar menyebabkan penyaluran panas menjadi terganggu. Coba kamu goyang-goyangkan sedikit untuk memastikan bahwa heatsink sudah sesuai dudukannya, dan tekan juga agar memastikan bahwa tidak ada celah diantara procesor dan heatsink.

2. Pastikan permukaan heatsink rata dan tidak ada sisa-sisa pasta sebelumnya. Untuk mengoleskan pasta, cukup keluarkan sebesar 1 butir nasi dan ratakan ke heatsink dengan menggunakan kartu nama bekas/ ATM.

3. Periksa kecepatan putar dari Kipas processor dan kabel power kipasnya. Pastikan bahwa kipas processor berputar dengan baik dan tidak ada yang menghalangi. Kecepatan putar fan processor yang baik biasanya berkisar dari 2900 atau 3000 rpm keatas. Jadi kalau rpm terdeteksi kurang dari jumlah tersebut, maka periksalah atau ganti dengan yang baru.

4. Pasang heatsink dan kipas dengan baik sambil perhatikan BIOS. Pastikan bahwa kenaikan suhu prosesor tidak terlalu cepat, dengan kondisi idle sekitar 40 Celcius. Kalo terjadi perubahan suhu yang cepat maka periksalah dudukannya sekali lagi, mungkin tidak menempel dengan baik.

5. Jika semua sudah baik-baik saja tapi masih terus restart, kamu sebaiknya mengganti power supplynya dan mengecek hardware lain seperti dudukan memory dan VGAnya.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top