Tips komputer Sejarah Internet

Tips komputer Sejarah Internet

Advertisements

Tips komputer Sejarah Internet - Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, serat optik, kabel koaksial, satelit atau koneksi nirkabel.

Ketika kita terhubung ke internet, kita diberi akses ke komputer lain di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Dengan kemajuan teknologi yang cepat, hari ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari notebook ataupun ponsel.

Bila tersambung ke Internet, kita dapat melakukan banyak hal seperti komunikasi langsung (chat), korespondensi elektronik (email), mencari informasi, berbagi data, menikmati hiburan multimedia, dan lain-lain.


Rute yang harus dilalui oleh paket data di Internet adalah sangat panjang dan melibatkan banyak komputer di seluruh dunia, sehingga jika kita mengirim data pribadi yang penting, sebaiknya kita harus menggunakan server yang aman, yang dilengkapi dengan server yang mengenkripsi data sebelum mengirim data ke komputer lain dan fasilitas dekripsi bila menerima paket data dari komputer lain.

Agar dapat terhubung ke internet, kita harus memiliki peralatan sebagai berikut:

- PC, laptop, palmtop, atau bahkan telepon selular (ponsel) yang dilengkapi dengan WAP (Wireless Application Protocol).
- Modem.
- Internet Service Provider (ISP).

Internet Service Provider adalah perusahaan yang melayani koneksi ke internet. Kita harus terlebih dahulu mendaftar, maka kita harus membayar biaya berlangganan bulanan untuk sambungan internet.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengelola lalu lintas transfer data dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan, lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Standar protokol di internet dikenal sebagai TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada semua jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras dan sistem operasi yang digunakan.

Sebuah sistem komputer yang terhubung langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai identifier. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan berbasis protokol lainnya.

Sejarah Internet

Asal usul Internet dimulai ketika negara Rusia pada tahun 1957 (pada waktu itu disebut Uni Soviet) meluncurkan satelit buatan bernama Sputnik. Amerika Serikat sadar akan kemungkinan Rusia untuk mengirimkan rudal nuklir dengan menggunakan satelit tersebut. Pada tahun 1962, sebuah agen penelitian Amerika memutuskan untuk melakukan penelitian tentang cara menghubungkan komputer untuk membentuk jaringan organik.

Pada tahun 1969, jaringan komputer tersebut berhasil didirikan dan kemudian dikenal sebagai ARPANET, yang memiliki tujuan utama untuk menghindari sentralisasi informasi pada satu titik yang dianggap rawan untuk dihancurkan apabila terjadi perang. Mereka menunjukkan bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer berbasis Unix dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jarak tak terbatas melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan dengan keandalan dan jumlah informasi yang dapat ditransfer. Pada akhirnya semua standar yang mereka tentukan akan menjadi cikal bakal pembangunan protokol saat ini yang dikenal sebagai TCP / IP. Melalui metode ini, diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.

Pada tahun 1970, sudah lebih dari sepuluh komputer berhasil tersambung sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan membentuk jaringan.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan tahun sebelumnya untuk ARPANET. Program email ini begitu praktis sehingga secara cepat langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "on". Juga di tahun ini ARPANET berubah nama menjadi DARPA (Devence Advance Research Projects Agency)

Pada tahun 1973, jaringan komputer DARPA dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sebuah komputer di University College di London merupakan komputer pertama yang berada di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yaitu Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal ide internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Pada 1975 DARPA diubah lagi menjadi DARPANET karena saat itu DARPA juga difungsikan untuk publik sebagai bisnis jaringan.

Pada tahun 1976, tepatnya pada tanggal 26 Maret 1976, adalah hari bersejarah, ketika ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung dalam DARPA / ARPANET membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama bernama USENET.

Pada tahun 1981 France Telecom membuat kejutan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang dapat saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982, karena komputer yang membentuk jaringan semakin besar, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun tersebut, Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) dibentuk. Sementara itu di Eropa, jaringan komputer tandingan yang disebut Eunet dikembangkan. Hal ini menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Tahun 1983 peneliti dari Wisconsin membuat DNS (domain name system). Dengan teknologi ini, untuk pertama kalinya sebuah komputer dengan Internet Protocol (IP) 144.163.21.141 diubah menjadi my.cool.unix.box dan dapat diakses oleh pengguna Internet lainnya.

Teknologi DNS tersebut kemudian diperkenalkan pada tahun 1984 untuk menyeragamkan alamat setiap komputer di dalam jaringan komputer. Komputer yang terhubung dengan jaringan yang ada telah meningkat menjadi 1.000 komputer. Pada tahun itu juga ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu DARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), tetapi keduanya masih memiliki hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dilakukan. Pada awalnya, jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi akhirnya disebut Internet. Pada tahun yang sama, lahir National Science Foundation Network (NSFNET) yang menghubungkan peneliti di seluruh negeri dengan lima sentral yang memiliki super computer. Jaringan ini kemudian dikembangkan untuk link jaringan akademis lainnya yang terdiri dari berbagai universitas dan konsorsium penelitian. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika.

Pada tahun 1987 jumlah komputer yang terhubung ke jaringan melonjak 10 kali dan menjadi 10.000.

Pada 1988 Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali dalam setahun. Tidak kurang dari 100.000 komputer yang membentuk jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser dimana setiap orang bisa berselancar dari satu komputer ke komputer lain. Program ini disebut WWW atau World Wide Web. Bersama dengan peninjau Mosaic yang dibuat oleh NCSA (National Center for Supercomputer Applications), WWW memungkinkan sebuah situs untuk membangun sejumlah halaman informasi yang berisi teks, gambar, suara dan bahkan video. Dengan mengklik link, pengguna akan segera menuju ke halaman yang ditunjukkan oleh link. Pada bulan maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET tersebut. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung.

Dalam setahun setelah Mosaic diluncurkan, jumlah server WWW tumbuh dari 100-7000. Pertumbuhannya terus-meneurs bertambah hingga sekarang.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top