Tips Komputer Menggunakan Laptop Lebih Lama di Windows Vista

Tips Komputer Menggunakan Laptop Lebih Lama di Windows Vista

Advertisements

Tips Komputer Menggunakan Laptop Lebih Lama di Windows Vista - Mungkin ada di antara anda yang memiliki laptop yang casnya agak cepat habis saat digunakan dengan mode baterai atau saat tidak tersambung ke listrik. Kemungkinannya ada dua, yaitu kalau bukan baterainya yang sudah tua dan perlu diganti, atau bisa jadi program yang anda jalankan membutuhkan lebih banyak power seperti game-game yang besar. Tapi jika laptop anda menggunakan Windows Vista, ada sebuah setting yang bisa membuat Windows Vista berhemat dalam menggunakan sumber daya yang ada sehingga anda bisa lebih lama menggunakan laptop dalam mode baterai (tidak terhubung ke listrik), yaitu setting Power Management.

Untuk menyetel setting tersebut, ikuti langkah berikut:

- Klik kanan pada daerah kosong di desktop, lalu pilih Personalize.

- Pada jendela Personalization, klik Screen Saver.

- Pada jendela Screen Saver Settings, klik Change power settings.

- Pada jendela Power Options, di sana terdapat tiga pilihan yaitu Balanced, Power saver, dan High performance. Agar Windows Vista berhemat menggunakan tenaga baterai, maka pilihlah (klik) pada pilihan Power saver. (Pilihan High performance membuat Windows Vista menggunakan resourcenya secara maksimal tetapi menguras tenaga baterai, sedangkan pilihan Balanced adalah pilihan standar/default, yaitu pertengahan antara Power saver dan High performance).

- Setelah memiih opsi yang diinginkan, tutup jendela dengan klik tombol Close (tombol X) pada bagian kanan atas jendela. Selanjutnya, tutup pula jendela-jendela yang telah dibuka sebelumnya.

- Selesai!, sekarang Windows Vista akan sangat berhemat menggunakan tenaga baterai dan anda bisa lebih lama bekerja di laptop saat tidak sedang tersambung ke listrik.

Sebagai catatan, setting ini (Power saver) membuat laptop hanya menggunakan maksimal 50% saja dari kapasitas CPU. Jadi jika anda ingin menjalankan program yang membutuhkan kecepatan proses yang besar, maka jangan gunakan pilihan ini, pilih saja opsi High performance. Kalau anda ingin mengetes, coba jalankan game besar menggunakan pilihan Power saver, maka tampilan game akan patah-patah alias tidak mulus.
Sekian dulu, semoga info ini berguna bagi anda.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top