Tips Blog Tutorial Membuat Website Professional

Tips Blog Tutorial Membuat Website Professional

Advertisements

Tips Blog Tutorial Membuat Website Professional - Untuk membuat website professional tidaklah sesulit yang anda bayangkan, ada cara mudah untuk membuat Website Professional, salah satunnya adalah dengan cara CMS atau yang sering disebut dengan Content Management System. dengan Menggunakan Content Management System, anda tidak perlu lagi mempelajari PHP, MYSQL, CSS, HTML, dll, anda cukup mempelajari dasar-dasarnnya saja.


Bagi yang bertanya apa yang dimaksud dengan Content Managemnent Sytem, Content Management System adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahakan, memanipulasi, isi dari suatu Web. Sebelum anda mengikuti Tutorial Membuat Website Professional ini ada baiknnya anda menyiapkan tool berikut ini:
  • CMS Joomla
  • Web Server Xampp
Untuk Menginstalasi Xampp dan CMS Joomla, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Klik Disini
-Install xampp.

-Pada tampilan command prompt "Should I add shortcuts to the startmenu/desktop?" ketik y.

-selanjutnnya akan muncul "Should I proceed?" ketik y.

-Akan ada pertanyaan "Should I make a portable XAMPP without drive letters" ketik n.

-Press / enter. -Press to continue / enter. 

-Akan ada 7 pilihan, pilih yang no.1 "start XAMPP Control Panel. 

-Selanjutnnya tampil XAMPP Control Panel Application, abaikan saja dahulu (minimaize). 

-Pada command prompt ketik x untuk keluar atau exit. 

-Buka kembali XAMPP Control Panel Application, akan ada pilihan Apache dan MySql, start kedua pilihan tersebut hingga muncul tulisan "Running".

-Kemudian buka Mozilla Firefox anda, pada address bar ketik localhost, jika sudah diketik, tekan enter. 

-Kita akan dibawa ke alamat http://localhost/xampp/splash.php pilih bahasa yang akan digunakan (rekomendasi=English).

-Selanjutnnya anda akan berada pada alamat http://localhost/xampp/ disini anda dapat melihat menu Tools pada bagian kiri, pada menu tools tersebut pilih phpMyAdmin. 

-Sekarang anda berada pada alamat phpmyadmin (http://localhost/phpmyadmin/) ketikkan nama database anda pada form Create new database (nama database bebas) jika sudah klik Create. 

-Jika sukses akan muncul tampilan Database (nama database anda) has been created. 

-Untuk mengecek sukses atau tidaknnya membuat database, pilih gambar home (rumah) pada pojok kiri atas, selanjutnnya pilih menu Databases. Jika nama database anda sudah ada pada daftar berarti anda sukses membuat database, jika belum ada pada daftar maka anda gagal membuat database. 

-Selanjutnnya minimaize mozilla dan cari dimana anda menyimpan CMS Joomla anda, pada tutorial ini akan memakai CMS joomla.

-Copy file tersebut ke c:/xampp/htdocs sebelum dicopy, didalam folder htdocs, buat folder baru dengan nama bebas, contoh: joomla.

-Jika sudah paste file tersebut pada folder yang baru dibuat tadi, jika formatnya winrar, extrack terlebih dahulu pada folder yang baru dibuat tersebut. 

-Kembali ke Mozilla, buka tab baru, lalu pada address bar ketik localhost/joomla (joomla disini adalah nama folder yang baru dibuat tadi). 

-Akan muncul tampilan Chose language, Pre-Installation Check, License (pilih next saja semua, tombol next ada pada pojok kanan atas). 

-Pada jendela Database Configuration, masukkan Host Name: localhost, Username: root, Database Name: nama database yang anda buat tadi (biarkan yang lainnya default, dan jangan diisikan password) jika sudah klik next.

-Pada jendela FTP Configuration klik next. 

-Kemudian pada jendela Main Configuration isikan semua form sesuai keinginan anda, jika sudah klik install sample data (jika berhasil akan muncul tulisan " Sample Data Installed Successfully") selanjutnnya pilih next.

-Pada jendela Finish pilih Remove installation folder. 

-Kemudian jika anda ingin login untuk mengedit web database anda, anda harus login terlebih dahulu dengan cara klik new tab pada browser anda, pada address bar ketik localhost/joomla/administrator (joomla=nama file yang baru anda buat tadi). 

-Kemudian isikan username dan password yang anda buat tadi, jika sudah klik login.

-Selanjutnnya anda bisa mengedit isi CMS Joomla anda.

Jika anda sudah menginsntall CMS Joomla dan Xampp selanjutnnya, untuk dapat membuat web lebih professional anda dapat mengikuti tutorial mengedit CMS Joomla.Silahkan anda melihat video nya pada situs youtube.
Advertisements

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top